Kabupaten Asahan Menggelar Pilkades Serentak Pada Bulan September 2022

Reporter: Joko Hendarto

Sumut | Gerbang Indonesia News
Pemerintah Kabupaten Asahan akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa secara serentak yang akan berlangsung pada tanggal 7 September 2022 mendatang.

Foto: Desa Perkebunan Hessa merupakan salah satu Desa yang mengikuti pemilihan Kepala Desa (dok.istimewa)
Foto: Desa Perkebunan Hessa merupakan salah satu Desa yang mengikuti pemilihan Kepala Desa (dok.istimewa)

Diketahui, sebanyak 90 Desa dari 177 Desa yang berada di wilayah Kabupaten Asahan akan mengikuti pesta Demokrasi disetiap masing-masing Desa.

Foto: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan Suherman Siregar S,STP. MM (dok.istimewa)
Foto: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan Suherman Siregar S,STP. MM (dok.istimewa)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Asahan Suherman Siregar S,STP MM didampingi Sekretarisnya Arifin Siregar SE, MM kepada awak media mengatakan, ” Pemilihan Kepala Desa serentak ini mengacu kepada Peraturan Bupati Asahan Nomor : 28 Tahun 2019 tentang Petunjuk tekhnis pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa,” terangnya, Senin ( 02/05/2022 ).

Baca juga:  Ratusan Warga Nahdiyin Menggelar Istighosah di Labusel 

“Pada pemilihan Kepala Desa serentak tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2022 dan akan diikuti sebanyak 90 Desa dari 177 Desa yang berada di Wilayah Kabupaten Asahan.Dan untuk selanjutnya pemilihan sebanyak 87 kepala Desa lainnya akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang,”tambahnya lagi.

Lebih lanjut ,Saat ini tahapan demi tahapan serta mekanisme tentang pemilihan kepala desa serentak telah dijalani seperti sosialisasi pemilihan Kepala Desa, pembukaan pendaftaran bakal calon Kepala Desa dimulai sejak tanggal 20 Mei 2022 dan ditutup tanggal 27 Mei 2022.

Baca juga:  DPRD Provinsi Jawa tengah dari Komisi B Fraksi PAN Optimis di Tahun Politik 2024 Untuk Meraih Enam Kursi di DPRD Kabupaten Pemalang

Kemudian, akan dilaksanakan Verifikasi oleh Inspektorat Kabupaten Asahan,” tutup Suherman.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas PMD Asahan Arifin Siregar, ” Dari 90 Desa yang nantinya akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa, terdapat sebanyak 463 tempat pemilihan suara ( TPS – red ) di setiap masing masing Desa. Dan untuk setiap TPS nya akan menerima dana Pilkades sebesar Rp : 9 juta yang salurkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Asahan.

Baca juga:  Asmara Hadi Unggul Satu Suara di PAW Kades Penandingan

Sementara,Pemerintah Kabupaten Asahan berharap agar pemilihan Kepala Desa serentak, nantinya akan dapat berjalan dengan aman dan kondusif, siapapun yang akan terpilih mari sama – sama wajib kita menghormati dan menerima hasil keputusannya.

Dihimbau ,seluruh masyarakat Kabupaten Asahan diminta harus cerdas dalam menentukan pilihannya, agar pembangunan di segala bidang dapat berjalan “,tutur Arifin Siregar. ( JH )

Tinggalkan komentar