Pemprov Jawa Barat Ridwan Kamil, Menghadiri Festival Seni Budaya Kampung Kranggan Bekasi

Reporter : Parianto

Bekasi | Gerbang Indonesia NewsPemerintah Provinsi Jawa Barat menghadiri Pergelaran Festival Seni Budaya di Kampung Kranggan Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi Jawa Barat pada Selasa 25 Oktober 2022.

Dukumen : persiapan menunggu Gubernur Jawa BaratPergelaran Festival Seni Budaya Kampung Kranggan dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Jawa Barat yaitu Bapak Ridwan Kamil.

Selanjutnya acara dimulai Pukul 15.00 Wib sampai dengan selesai.

Terpilihnya Kampung Kraggan tidak terlepas karena masih melestarikan berbagai kebudayaan leluhur seperti : Sedakah Bumi(Babarit), Ngabumbang atau mensucikan diri di 7 mata air yang dikeramati seperti Sumur Bandung, Sumur Cibural, Sumur Binong, Sumur Batu, Sumur Alet, Sumur Hulu Cai dan Sumur Tengah, Tradisi Ngelancung, Pasorean Tradisi Jarah ke Gunung Putri, Tradisi Perayaan Tahun Alif dengan tema sedekah bumi sewindu sampai Ritual Adat Kebo Bole.

Baca juga:  Forum Seniman Peduli Taman Ismail Mardzuki Jakarta

Tak hanya dari segi budaya orang orang Kranggan juga sudah banyak menjadi orang penting sebut saja Bapak Anim Imanudin yang menjadi Wakil Ketua 1 DPRD Kota Bekasi.

Ada juga Bapak Nata Wirya yang menjadi PLT Camat Jatisampurna dan Bapak Haji Yusuf Nasih yang merupakan orang Kranggan pertama berhasil menjadi Anggota Dewan dan lain sebagainya.

Baca juga:  Musawarah Kesenian Jakarta : Harus Melibatkan Peran Aktif Seniman Lima Wilayah

Dalam acara budaya tersebut Didialogki oleh Tanjidor Bekasi, Rebut Dandang Kota Bekasi Gegendeh Kranggan, Ajeng Geong Kranggan, Tari Topeng Cisalak Depok, Tari Ngarak Barong Kota Bekasi, Tari Banjarang Kampung Bekasi,dan Banyak lagi yang lainnya.

Pada Acara tersebut Ridwan Kamil menyampaikan sambutanya,” Bahwa Riksa Budaya merupakan agenda Pemerintah Provinsi yang bertujuan melestarikan tiga kekuatan budaya di Jawa Barat.

“Itu Riksa Budaya adalah pergelaran kebudayaan dari satu wilayah serumpun, Sunda-Betawi. Saya bangga Kampung Kranggan berhasil melestarikan budaya di tengah modernisasi,” ujar orang no 1 di Jawa Barat tersebut.

Baca juga:  Budayawan  Mohamad Dr Sobary Menyampaikan  Orasi Pada Acara  panjang  Umur Perjuangan

Ridwan Kamil juga mengatakan, ada keunikan tersendiri di Kampung Adat Kranggan, yang menjadi cerminan masyarakat Bekasi.

Cerminan itu terlihat dari tutur bahasa sehari-hari warga yang masih lekat dengan bahasa Sunda bercampur Betawi khas pinggiran Jakarta.

“Kami akan dukung terus, kami ikhtiarkan untuk membangun museum budaya Kampung Kranggan, agar menjadi sebuah ragam kebudayaan di Jawa Barat,” terangnya lagi sambil menutup sambutannya.(Parianto)

Tinggalkan komentar