Penyerahan Sertifikat Hasil PTSL di Desa Babakan

Reporter: Eko B Art

Pemalang | Gerbang Indonesia – Dalam rangka penyerahan hasil PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) berupa surat (SHM) Sertifikat Hak Milik yang berlangsung di Balai Desa Babakan Kecamatan Bodeh, berlangsung Kondusif, kesadaran Prinsip Masyarakat jelas nyata terlihat dalam acara kegiatan tersebut, dari mulai jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker, benar benar dilaksanakan oleh semua masyarakat yang hadir. Senin 03 Januari 2020.

Kami dari media Gerbang Indonesia melakukan sesi wawancara singkat pada saat jam istirahat siang di kantor Balai desa tersebut dengan Kades untuk mengklarifikasi kegiatan acara yang sedang berlangsung.

Adalah Bapak Kustoni BR.,SH. Selaku Kepala Desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang.

Bapak Kustoni BR., SH. Kepala desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang
Bapak Kustoni BR., SH. Kepala desa Babakan Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang

Pak Kustoni menerangkan “Bahwa kegiatan ini adalah penyerahan hasil PTSL untuk masyarakat warga Desa Babakan, berupa surat Sertifikat Hak Milik.

Secara umum hari ini penyerahan Sertifikat Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang diproses pada tahun 2021. Ungkap Pak Kustoni.

Dan hari ini sedang dalam rangka distribusi ke masyarakat desa Babakan.
Dari jumlah penyerahan surat Sertifikat yang telah terbit, totalnya ada sekitar 997 sertifikat, dan rencana penyerahan akan dilaksanakan pada dua tahap, dan untuk yang hari ini adalah penyerahan tahap pertama, dan nanti tahap kedua mudah-mudahan bisa dilaksanakan minggu depan.

Baca juga:  Milad Desa Palipi Soreang yang Ke-XI dan milad P3D Palipi Soreang yang Ke-V di Rangkaikan dengan Pesta Rakyat

Artinya dari total penyerahan hari ini sekitar 490 dengan agenda kegiatan dari jam 09:00 pagi sampai dengan selesai, dan sisanya akan didistribusikan kemasyarakat pada acara kegiatan tahap dua minggu depan.

Perjalanan proses dan sistem PTSL masal ini kurang lebih memakan waktu satu tahun, dari proses awal program ini digulirkan, kita mengajukan permohonan dari tahun 2020 awal, terus sosialisasi, lalu penyuluhan, selanjutnya pembentukan panitia, dan dilanjutkan pendaftaran dan kelengkapan syarat berkas berkasnya.

Alhamdulillah sekarang, hari ini diawal tahun 2022 semua proses program PTSL bisa diselesaikan dan bisa langsung di distribusikan kepada masyarakat.

Besar harapan saya, Kami selaku Kepala desa menyampaikan kepada masyarakat, bahwa Sertifikat adalah surat berharga, maka harus dijaga, dipelihara dan diamankan, jangan sampai hilang, terbakar ataupun mungkin kehujanan.

Simpanlah baik baik dalam tempat yang layak, aman dan terjaga. Dan yang lebih penting lagi, perlu saya sampaikan kepada seluruh masyarakat, agar benar bebar bijak dalam menggunakan surat SHM (sertifikat hak milik), surat sertifikat bolehlah itu nanti diagunkan, tetapi untuk kegiatan kegiatan yang produktif, untuk usaha, untuk penambahan modal.

Baca juga:  Kodim 1413 Buton dan Pemkot Baubau Gelar Vaksin Dosis III

Janganlah, menggunakan surat SHM untuk hal-hal yang konsumtif, misalkan beli motor, mobil untuk hal hal yang bukan semestinya, atau tanpa alasan kepentingan prinsip prinsip produktif, saya rasa hal demikian itu tidaklah bijaksana.

Sekali lagi jaminkan dan agunkan surat SHM tersebut untuk usaha boleh, untuk permodalan juga boleh, sehingga ekonomi di masyarakat bisa bergulir dan kesejahteraannya bisa bertambah dan semakin terbangun.

Dari awal sebelum kegiatan ini dimulai, kami berpesan agar hal hal yang berkaitan dengan kegiatan acara penerimaan hasi PTSL harus dengan Protokol kesehatan, mohon diperhatikan agar kegiatan bisa berjalan aman dan kondusif, jangan lupa jaga jarak, cuci tangan dan tetap menggunakan masker dan hindari kerumunan pada saat harus ada antrian, sekalipun cakupan target vaksinasi didesa Babakan sudah diangka 91% warga yang tervaksin, namun demikian masyarakat tetap wajib mematuhi protokol kesehatan secara serius. Dan secara Pribadi saya mengucapkan terimakasih dan saya sangat mengapresiasi penuh kepada warga desa Babakan yang sudah bersedia melaksanakan hal tersebut.

Baca juga:  Peringati Hari Jadi Bogor Berikan 40 Nominasi Penghargaan Panca Karsa Award

Dan yang paling penting lagi dari Esensi kegiatan hari ini “Saya atas nama masyarakat desa Babakan, Atas Nama Rakyat kecil, atas nama Pemdes dan atas nama Pribadi, saya berTerima kasih kepada Pak Jokowi dengan program Nawa Citanya, dan program program kerakyatan lainnya yang membawa dampak Positif kepada seluruh warga, karena dengan programnya dari Pak Jokowi, sehingga mampu memberikan program PTSL yang ujung dan endingnya adalah penyerahan surat sertifikat hak milik atas tanah kepada masyarakat semua.

Ini sesuatu yang sangat luar biasa, secara pribadi, secara kedinasan, sebagai orang yang diberi kepercayaan dari warga masyarakat, Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Jokowi Presiden Republik Indonesia, mudah-mudahan beliau panjang umur, sehat walafiat dan terus memberi manfaat untuk kehidupan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dan Terimakasih kepada semua stakeholder dan OPD terkait di lintas jenjang mulai dari pemerintah Kecamatan Bodeh dan Pemerintah Kabupaten Pemalang. Pungkas Pak Kustoni dalam sesi wawancara dengan Media Gerbang Indonesia. (Eko B Art)

Tinggalkan komentar