Rencana Pelaksanaan Pemindahan Ibu Kota Ke Kalimantan Timur, Gubernur NTT Bersama Wakil Dan Para Tokoh Adat Flobamorata Melaksanakan Upacara Adat

Kupang | Gerbang Indonesia – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Wakil dan para tokoh adat Sabtu,12 Maret 2022 melaksanakan Ritual secara adat persiapan menuju Ibukota baru di Kalimantan Timur yang ditandai dengan pengumpulan tanah dan air oleh para Bupati seluruh NTT, untuk dibawa oleh Gubernur pada tanggal 13 Maret 2022, bersama seluruh Gubernur NKRI di Ibukota baru menyatukan tanah dan air pada 14 Maret 2022 bersama presiden Joko Widodo.

Baca juga:  Pembangunan Rehab Ruang Kelas SMP Negeri 2 Pangudrotan Pahae Julu Terkesan Asal Jadi 

Acara adat ini dihadiri Bupati Rote Ndao, Sabu Raijua, Belu, Flores Timur, Sumba tengah, Alor, Lembata dan para tokoh adat lainnya. Kegiatan ini merupakan sejarah baru, karena tanah dan air disatukan dari berbagai daerah Flobamorata untuk di bawa ke Kalimantan Timur, dan disatukan dengan tanah dan air senusantara yang akan menjadi Ibukota baru.

Baca juga:  Intensitas Hujan Tinggi, Sungai Padang Meluap "Tebing Tinggi Kebanjiran"

Acara adat ini berlangsung sakral berdasarkan budaya Flobamorata yang bertempat di halaman Gedung Sasando kantor Gubernur NTT. Tujuan pengumpulan tanah dan air untuk pembangunan di IKN.

Harapan Gubernur kepada masyarakatnya agar kita do’akan semoga berjalan lancar karena rencana pemindahan Ibukota negara ke Kalimantan Timur sudah direncanakan semenjak zaman Presiden pertama Ir Soekarno, yang baru terlaksana di zaman Presiden Joko Widodo kata Gubernur NTT dari akun pribadi Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dirinya merasa senang atas dukungan Bupati dari daerahnya, dan beliau mengucapkan terima kasih serta patut kita syukuri bersama, karena pindah Ibukota negara yang baru dapat terlaksana, nantinya yang akan di satukan tanah dan air dari seluruh NKRI pada tanggal 14 Maret 2022 bersama Presiden RI Joko Widodo di Ibukota Baru Kalimantan Timur.(Yurry)

Tinggalkan komentar